Langsung ke konten utama

Postingan

SR012 (Obligasi Negara Ritel Indonesia berbasis Syariah)

24 Februari 2020 mulai ditawarkan SR012 Yuk siap-siap sisihkan gajimu untuk investasi disini khususnya yang nyaman dengan berbasis syariah.  Ada yang belum tau SR itu apa? 
Yuk simak 5 hal yang kamu perlu tau tentang SR. Pengertian SR.SR adalah kepanjangan dari Sukuk Ritel / Sukri. Sukuk (bahasa Arab: صكوك‎, bentuk jamak dari صك Shak, "instrumen legal, amal, cek") adalah istilah dalam bahasa Arab yang digunakan untuk obligasi yang berdasarkan prinsip syariah.Sukuk Ritel dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi) gharar (ketidakjelasan) dan riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Jadi SR ini adalah versi syariah dari ORI (Obligasi Ritel Indonesia).Struktur akad Ijarah - Asset to be Leased digunakan dalam penerbitan SR012 ini.Dana hasil penerbitan akan digunakan untuk kegiatan investasi berupa pembelian hak manfaat Barang Milik Negara untuk disewakan kepada Pemerintah se…
Postingan terbaru

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Obligasi

Obligasi itu apa ya? Kok termasuk salah satu pilihan investasi.

Baca dulu:
5-jenis-investasi-yang-wajib-kamu-punya.
5 hal yang kamu perlu tahu tentang obligasi;
Jadi obligasi itu menurut mama angrumaoshi nih, bahasa mudahnya adalah surat hutang. Jadi perusahaan atau bahkan negara yang membutuhkan dana untuk operasional atau melebarkan sayap/ekspansi/belanja modal/memperbesar perusahaannya itu mengumpulkan dana masyarakat dengan cara berhutang kepada masyarakat (menerbitkan obligasi/surat hutang) yang dapat dibeli oleh masyarakat.Kalau memberikan hutang maka ada imbal hasil disana yang akan diberikan oleh si penerbit obligasi ini ke pembeli obligasi. Imbal hasil ini namanya coupon rate atau bagi hasil/fee dalam obligasi syariah. Yang diberikan sesuai perjanjian di awal, bisa setiap bulan/3bulan/di akhir/di awal masa pengembaliannya. Perjanjian terkait obligasi ini dituangkan secara lengkap pada prospektus. Jadi kalau mau membeli obligasi pastikan Anda membaca terlebih dahulu prospektus …

5 Jenis Investasi Yang Wajib Kamu Punya

Setelah kamu jago atur duit saat tanggal tua dan atur gaji kamu supaya gak numpang lewat aja kamu perlu punya 5 jenis investasi ini nih. 
Mama Angrumaoshi coba urutkan 5 jenis investasi yang wajib kamu punya berdasarkan tingkat likuiditasnya yah. Apa itu likuditas?
Likuiditas adalah berasal dari kata liquid yang merupakan ciri dari suatu cairan. Jadi jenis investasi yang mudah dan cepat dicairkan menjadi uang sehingga cepat dapat digunakan.
5 jenis investasi tersebut adalah
Tabungan/syariah. Tabungan ini, hampir semua orang mempunyainya. Biasanya sejak kecil kita dibiasakan menabung di celengan, beranjak besar kita pun mulai memindahkan tabungan ini di bank/syariah. Tabungan ini adalah jenis investasi yang paling likuid karena sewaktu-waktu jika dibutuhkan dapat langsung diambil uangnya dan digunakan. Biasanya pos dana darurat, sebagian besar dananya diletakkan di tabungan/syariah, supaya jika terjadi apa-apa yang tidak dikehendaki maka dana tersebut dapat langsung diambil dan digunaka…

Mengapa menulis tentang mengatur duit?

Uang mau tak mau adalah bagian vital dalam kehidupan kita. Semua membutuhkan uang. Untuk makan dan hidup membutuhkan uang, jika Anda hidup di suatu peradaban. Beda cerita jika Anda hidup di hutan, sendirian, berpindah-pindah, hidup memakan makanan yang disediakan oleh alam, mungkin Anda tidak membutuhkan uang.



Sayangnya, ilmu mengenai mengatur uang  ini tidak serta merta masuk dalam kurikulum dasar pendidikan usia sekolah. Entah mengapa sepertinya ilmu mengenai mengatur uang ini sepertinya didapat dari pengalaman, teladan orang tua dan kebiasaan semata. 
Padahal perlu tips dan trik khusus dalam mengelola pemasukan dan pengeluaran uang ini untuk kehidupan sehari-hari. Aku semenjak kecil sudah tertarik dengan mengelola uang. Baik untuk pemasukan atau pun pengeluarannya. Walau kala itu masih sebatas pemasukan dari uang jajan yang diberikan orang tua dan pengeluaran untuk jajan atau mainan.
Namun ketertarikanku akan keuangan sudah ada sejak dini. Berlanjut hingga saat aku kuliah mengambil…

Tips Atur Gaji Kamu Supaya Gak Numpang Lewat Aja

Detik-detik menjelang gajian di depan mata. Tapi tagihan kartu kredit, bayar listrik, pulsa, kontrakan/kos2an, pun sudah minta untuk dibayar. 
Cukup gak ya, gaji aku huhuhu.  Masa cuma numpang lewat aja sih, hiks. Sampai kapan???
               sumber : www.pixabay.com

Ayo mulai buat perencanaan pemasukan dan pengeluaran rutin bulanan kamu.  Ini wajib ya guys, gak bisa tidak, harus dilakuin kalau kamu gak mau terus-terusan gaji kamu cuma numpang lewat doank untuk bayar ini itu tidak bersisa, atau jangan-jangan malah kurang, berhutang deh. Oh no...
Bikin perencanaan pemasukan dan pengeluarannya gak usah yang ribet dan detail dulu deh. Buat yang simpel dan garis besar saja dulu untuk awalan.
Contoh untuk yang single tanpa tanggungan. Pemasukan   : GajiPengeluaran inti buat menyambung hidup: Bayar kos, listrik, pulsa, bensin/transportasi, makan, belanja kebutuhan sehari-hari.Pengeluaran sekunder : Cicilan hutang KPR/KTA/Kartu kredit? Nonton bioskop, ngopi2, nongkrong? Belanja-belanja? 
A…

Tips Atur Duit Saat Tanggal Tua

Tips Atur Duit Saat Tanggal Tua
Tanggal 20an seperti ini, udah masuk tanggal tua banget ya. Gajian bentar lagi, tapi duit hasil gaji bulan lalu udah mepet banget.

Klo tips dari mama angrumaoshi sih,  mau tanggal tua atau tanggal muda, saat mau belanja itu yang harus dilakukan pertama adalah:
Siapkan budget, mau belanja berapa rupiah nih? Mau belanja apa aja?Cek lemari penyimpanan, apa saja yang masih ada, apa saja yang sudah habis. Biasakanlah nyetok hanya 1 saja per item. Jadi misal: Minyak masih ada di botol, stok minyak yang belum kebuka cukup ada 1 di lemari penyimpanan.Jangan kebanyakan walau sedang ada diskon juga, karena tempat penyimpanan kamu ya cuma segitu aja serta jangan lupa kalau nyetok banyak2 dilihat expired datenya ya. Kalau sudah mengetahui apa-apa saja yang harus dibeli, mulailah browsing dari tiap-tiap supermarket, lihatlah yang diskon apa saja, bandingkan harganya antar supermarket. Belilah yang sedang diskon di supermarket tersebut. Jika ada kebutuhan yang diperl…