Langsung ke konten utama

Belajar Keuangan Sambil Nonton Drakor The World of The Married

Belajar keuangan sambil nonton drakor ternyata bisa ya. Aku bukan penggemar drakor. Namun menonton drakor kadang dilakoni juga apalagi setelah membaca review dari teman-teman atau melihat trailernya. 

Salah satu drakor ngehits yang akhirnya aku tonton adalah The World of The Married. Banyak sekali pesan moral yang dapat diambil dari film ini. Apalagi aktor drakor favorit semua di mataku. Gak terlalu muda dan tak terlalu tua cocoklah. Walau begitu drakor ini bukan drakor favorit aku. Terlepas akting para pemainnya yang benar-benar mengocok emosi, drakor ini terlalu kelam bagiku

sumber: wikipedia

Walau begitu ada banyak pembelajaran tentang keuangan yang disajikan secara tersirat dapat disimak dalam drakor ini. Setidaknya aku menemukan 5 hal terkait keuangan bisnis dan keluarga yang dapat diambil sebagai pembelajaran dalam cerita drakor ini. 

5 hal pembelajaran dalam mengelola keuangan keluarga di drakor The World of The Married

1. Kalau berhutang, jangan sembunyi-sembunyi dari pasangan.

Tae Oh sang suami ternyata mengajukan hutang tanpa diketahui oleh istrinya Sun Woo. Bahkan menggunakan rumah yang mereka tempati sebagai agunan. Mulai terjadi masalah ketika pembayaran cicilan hutang tersendat. 

2. Persiapkan asuransi anak sejak dini namun tetap dipantau.

Asuransi anak juga harus dipantau, bukan hanya pembayaran preminya ya namun apakah dana asuransi anak yang sudah dikumpulkan tersebut dilakukan penarikan sebelum waktunya. 

Dalam drakor ini penarikan dilakukan oleh Tae Oh sang ayah tanpa diketahui ibunya Sun Woo, karena sang ayah membutuhkan dana untuk operasional perusahaan filmnya. Asuransi anak yang rencananya akan digunakan untuk membiayai pendidikannya kelak ternyata sudah habis sebelum waktunya tiba.

3. Rumah yang ditempati bersama keluarga jangan dijadikan agunan hutang.

Sebisa mungkin jangan menjadikan rumah yang ditempati untuk dijadikan agunan hutang. Karena jika terjadi sesuatu, misalnya tidak dapat melunasi hutang tersebut maka rumah dapat melayang dan keluarga akan kehilangan tempat tinggal. 

4. Pisahkan keuangan keluarga dan keuangan bisnis.

Dana keuangan keluarga dan dana untuk berbisnis jangan menjadi satu. Sedari awal sudah dipisahkan dan disepakati berapa modal yang akan ditanamkan pada bisnis dari keuangan keluarga. 

Setelah bisnis berjalan, jangan lagi tuh kalau kekurangan dana ambil dari keuangan untuk keluarga begitu pula sebaliknya jika meraih keuntungan yang besar juga. Keuntungan tersebut ya dimasukkan lagi ke bisnis sebagai tambahan modal (bisa juga sekian persen dimasukkan untuk keuangan keluarga namun disepakati diawal dan dipatuhi). 

5. Terbukalah dengan pasangan Anda terkait keuangan pribadi dan bisnis Anda.

Bisnis ada pasang surutnya. Terbukalah dengan pasangan ketika sedang surut, jangan hanya saat sukses saja. Tetap disiplin keuangan pribadi keluarga dan bisnis berada di jalurnya masing-masing sehingga jika bisnis kolaps atau harus tutup pun keuangan pribadi keluarga tetap aman. 

Terlebih untuk jenis bisnis yang berawal dari hobby. Passion terlibat disana, sehingga perhitungan untung rugi dari sisi bisnis terkadang menjadi nomer sekian dan ada pride juga yang harus tetap terjaga.


Ternyata nonton drakor pun juga bisa memetik pelajaran tentang keuangan ya. Kamu ada film atau drakor yang juga sarat pejaran tentang keuangannya? Tulis di komentar ya.



Komentar

  1. Sampai sekarang saya belum mau nonton dramanya. Setidaknya saya mendapatkan manfaat dari tulisan kakak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya karena kelam banget ceritanya, emosi penonton benaran bisa tertarik masuk. Terima kasih sudah mampir ya, 5 hal itu beberapa yang tersirat yang aku dapatkan saat menonton film ini.

      Hapus
  2. Kalau aku suka nonton drama Korea yang genrenya komedi romantis, Mbak. Banyak juga ya pesan baik tentang keuangan dari drama Korea The World of The Married.

    BalasHapus
  3. Wah keren nih..bisa melihat sisi lain dari Drakor. Jadi nontonnya tidak sekedar dapat tontonan saja tapi bisa belajar juga ya mba.. good..

    BalasHapus
  4. Keren banget bisa melihat sudut pandang lain dari sebuah drama korea. Kalau biasanya orang-orang menceritakan The world of the married ini kisah dramamya sebuah hubugan suami istri.

    Btw Aku udah lama juga selesai nonton ini. Hehe

    BalasHapus
  5. Drakor yang bikin heboh dunia maya, emak-emak pada emosian wkwk... Tapi memang banyak pelajaran yang bisa diambil...

    BalasHapus
  6. Menarik sekali ulasannya. Melihat suatu karya, dari perspektif lain (dalam hal ini financial management). Love it

    BalasHapus
  7. Wah baru kali ini aku baca review film ini dengan bahasan yang berbeda. Banyak yang nyenggol soal hubungan antara pria dan wanita yang toxic, soal rumah tangga, juga kesehatan mental. Kali ini bahas dari sisi financialnya, keren kak!

    BalasHapus

  8. Bagus ya, pelajaran yang bisa dipetik dari drakor ini. Kata teman yang suka drakor, memang banyak pelajaran hidup yang bisa diambil dari menonton drakor..

    BalasHapus
  9. Malam malam baca tulisan blog ini happy banget, awalnya ngantuk banget dan ngga jadi ngantuk dong karena belajar banyak tentang keuangan dari tulisan ini, sepertinya akan semakin betah di tempat ini belajar tentang keuangan..

    BalasHapus


  10. Tahun ini sepertinya keuangabkeuangan keluarga cukup berantakan karena pandemi

    BalasHapus
  11. Sebenarnya dari film selain memberikan kesenangan dan kebahagiaan saat menonton juga ada ilmu praktis yang dapat dipelajari

    BalasHapus
  12. nonton drakor or film apapun tuh memang harusnya ya bisa ambil pointnya sih jgn cm sekedar nonton ya, jgn kaya Tae Oh tuh terbelit hutang sampe keluarga hancur

    BalasHapus
  13. Sampai sekarang daku belum nonton drakor tersebut hehe. Dan nggak sangka ada hikmah positif tentang keuangan ya dari tayangan itu

    BalasHapus
  14. Keren banget nih bisa mengambil sisi lain dari sebuah film. Mungkin karena fokus ke mengaturduit ya jadi saat nonton juga fokus nya ke situ..mantap...:D

    BalasHapus
  15. Ini yang keren filmnya atau penontonnya ya? Hehe.... Seriusan loh. Banyak yang nonton ya nonton aja. Kalo suka ya memuji, kalo nggak suka ya menghujat :D Nggak semua penonton bisa ngambil hikmah dari tontonannya :)

    BalasHapus
  16. Eh, ternyata nonton drakor bisa juga ya belajar keuangan. Ternyata, adegan film kita bisa belajar banyak ya.

    BalasHapus
  17. Iya bener nih keren juga mengaturduit.com bisa melihat sisi lain dari drakor hits ini. Memang poin yang paling membuat saya setuju adalah kita harus terbuka ke pasangan mengenai urusan keuangan. Pasutri kan sebuah tim yang harus kompak, ya...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Green Jobs, Peluang Kerja Indonesia Kini

  Pertama kali mendengar  green jobs itu, jujur aku tidak paham sama sekali. Tukang kebunkah? Naturalist? Ahli Botani? Pekerjaan yang ramah lingkungankah? Hingga akhirnya aku mengetahui apa yang dimaksud tersebut. Dugaanku ternyata benar, bahwa Green Job secara mudah didefinisikan dengan pekerjaan yang ramah lingkungan. Namun jika mengutip definisi dari International Labour Organization (ILO), definisinya tidak hanya itu namun harus memenuhi 3 hal, yaitu : pekerjaan yang ramah lingkungan dari sisi prosesnya,  pekerjaan yang ramah lingkungan dari sisi produk dan jasa yang dihasilkan dan  pekerjaan yang dapat memberikan penghidupan yang layak.   Sepintas yang terlintas di pikiran tentang pekerjaan ini berarti pekerjaan yang berkaitan langsung dengan alam/lingkungan hidup seperti contohnya : ahli manajemen sampah, ahli energi terbarukan, ahli kehutanan, ahli pertanian dan lainnya. Selain dari pekerjaan-pekerjaan tersebut tidak dapat dikategorikan Green Jobs, sebut saja : pega

Ayo Lapor Pajak Kamu dengan Aplikasi Pajak Online

Ayo sudah bulan Februari sebentar lagi Maret, kamu sudah mempersiapkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan Pribadi kamu belum? Jangan lupa lho deadline pelaporan SPT secara mandiri tanggal 31 Maret setiap tahunnya. Sebagai warga negara yang baik kamu jangan sampai lupa ya untuk melaporkan SPT kamu setiap tahunnya. Bagi para pegawai yang bekerja di perusahaan, setiap penghasilan kita setiap bulannya sudah dipotong pajak penghasilan (Pph 21) dan disetorkan ke kantor pajak oleh perusahaan. Walaupun sudah disetorkan pajak penghasilan kita oleh perusahaan namun tetap menjadi kewajiban kita sebagai subjek pajak untuk melaporkan secara mandiri SPT kita. Laporan SPT itu mudah loh enggak ribet kok. Tapi wajib dilakukan ya jangan sampai nggak. Karena kalau kamu nggak melaporkan SPT kamu secara mandiri sebelum 31 Maret setiap tahunnya, kamu bisa didenda oleh kantor pajak. Saat ini pelaporan SPT itu sudah bisa dilakukan secara online lu jadi tinggal klik aja nggak perlu ngeprint fo

5 Trik Cara untuk Biayai Liburan di Tahun 2020

5 trik cara untuk biayai liburan di tahun 2020 bisa kamu simak disini. Tahun 2020 sudah 3 bulan terlewati nih. Kamu udah nabung belum untuk liburan kamu di tahun ini? Sudah tentukan destinasi wisata travelling impian kamu? Sudah tau berapa nominal yang harus kamu siapkan? Credit to: www.pixabay.com 5 Trik Cara untuk Biayai Liburan di Tahun 2020: Cek Rencana Pemasukan  Dalam setahun ini kira-kira ada pemasukan diluar gaji bulanankah? Misal Bonus, THR, Gaji ke-13, atau usaha sampingan. Coba kamu hitung, apakah cukup untuk membiayai liburan impian kamu. Cek Rencana Pengeluaran  Kalau pengeluaran non rutin, adakah? Coba dihitung dan kurangilah dari rencana pemasukan non rutin kamu. Contoh pengeluaran non rutin nih, karena kebanjiran kemarin jadi harus keluar biaya extra untuk membeli/memperbaiki barang-barang yang rusak, membeli barang impian kamu dan lainnya.  Cek Nominal Tabungan Kamu rela gak kuras tabungan demi untuk membiayai liburan kamu?  Jangan lupa tetap d