Langsung ke konten utama

Menekuni Hobi Itu Bikin Boros Aja atau Malah Bisa Nambah Duit?

5 Hal yang Mesti Dipahami dalam Menekuni Hobi Itu, Bikin Boros Aja atau Malah Bisa Nambah Duit? 

Apalagi di masa pandemi ini ya...

Kalau menurut aku pribadi nih, menekuni hobby itu tergantung bagaimana kita memandangnya dan memaknainya. Hobby yang sama jika dilakukan oleh orang yang berbeda, yang satu bisa bikin nambah duit sedangkan yang lain cuma bikin boros aja. 


Yuk simak 5 hobby yang akan aku ulas dibawah ini, kamu mau jadikan untuk nambah duit atau cuma membuat bengkak pengeluaran kamu saja.

1. Travelling
Travelling pasti butuh uang donk. Jadi pos pengeluaran untuk travelling perlu dipersiapkan dari awal. Bagaimana caranya menjadikan travelling ini hobi yang menghasilkan? Kamu bisa bikin vlog tentang perjalanan kamu ini. Blog juga bisa, kamu tuliskan tentang tempat-tempat berkesan selama perjalanan kamu   jangan lupa foto-fotonya ya. Kalau vlog atau blog kamu banyak yang melihat dan membacanya, lumayan nih nanti banyak yang mau pasang iklan di akun youtube atau blog kamu. 

2. Belanja
Yang doyan belanja. Belanja apa pun. Hayo kalau gak mau kantong jebol, bisa loh buka jasa titip (jastip) belanja. Kamu bisa puas belanja, gak pake uang kamu, tapi hobi yang menyenangkan ini bisa tetap tersalurkan. Kamu tetap update dengan semua barang-batang kesukaan kamu dan cuci mata jalan terus. 

3. Pernak-pernik mobil/motor/sepeds
Suka dengan upgrade pernak-pernik mobil atau motor atau sepeda? Gabung dengan komunitas mobil/motor/sepeda? Boleh kok, kalau bisa bikin hati senang dan itu hobby kamu. Tapi boros donk, beli ini itu. Hmmm, kalau kamu lihat peluang yang menghasilkan ini tentunya tidak boros. Kamu bisa menjadi vendor/supplier/makelar dari teman-teman kamu di komunitas kalau mau cari barang pernak pernik itu. Bahkan kamu juga bisa bikin vlog ketika kamu pasang pernak-pernik kamu dan diulas sisi positif dan negatifnya. Bisa jadi trendsetter loh kamu. 

4. Menyanyi / bermain musik
Nah kalau ini sih, gak perlu merogoh kocek yang dalam ya. Namun bisa menghasilkan kocek yang besar. Kamu bisa jadi penyanyi di acara pernikahan, acara kafe dan dapat bayaran kan. 

5. Olahraga
Ada berbagai macam jenis olahraga yang dapat dijadikan hobby. Ada yang tanpa modal, ada yang mesti keluar uang nih. Tapi yang perlu diingat nih segala macam olah raga ini menghasilkan loh. Tak percaya? Walau tidak melulu menghasilkan dalam bentuk uang tapi yang pasti olah raga ini menghasilkan tubuh yang sehat dan ini tidak bisa diukur dengan uang.  

Nah sudah tercerahkankah tentang hobby. Hobby itu penting untuk kita supaya senantiasa sehat jiwa ya. Jadi gak usah itung-itungan uang ya, namun tetap mesti jeli memanfaatkan peluang mendulang uang melalui hobby kamu. Kebayang kan kalau kamu bekerja yang kamu kerjakan adalah hobby kamu dan menghasilkan uang yang cukup bahkan berlebih untuk kehidupan sehari-hari kamu. 


Yang penting, hobby itu jangan ikut-ikutan orang lain dan jangan karena gengsi atau lagi ngetren aja. Karena kalau ini alasan kamu maka sudah pasti bikin kantong bolong aja dan kamu tak akan menemukan peluang yang bertahan dalam jangka panjangnya untuk menghasilkan uang dari hobby kamu ini. 

Sumber gambar : www.pixabay.com

Komentar

  1. Tulisan yang menginspirasi kakak ^^ Sepenuhnya saya setuju dengan apa yang kakak tulis.. Terima kasih sudah berbagi yah..

    BalasHapus
  2. paling senang berbisnis yang dimulai dari hobi atau passion. Bekerja jadi senang dan tak merasa terbebani tapi tetep dapet cuan

    BalasHapus
  3. Ahahaha...hobiku semua udah kujadiin duit :D Yang paling menyenangkan itu hobi belanja tersalurkan di jalan yang benar. Sekali jastip belanja sekian juta tanpa dihantui rasa bersalah karena boros, dan malah dapat profit :D

    BalasHapus
  4. Setuju... Hobi kalo di bawah tekanan alias ngikutin tren semata malah ngga syahdu. Mening hobi yang beneran bikin nyaman dan sukur-sukur bisa menghasilkan cuan. 😁

    BalasHapus
  5. Hobi koleksi tanaman malah ngabisin duit. Hobi pelihara pet juga ngabisin. Tapi kalo pelihara sapi menghasilkan ya hehehe

    BalasHapus
  6. Menurutku, you are what you think, kalo kita yakin bahwa itu bisa menghasilkan uang itulah yang akan terjadi dalam hidup kita. At least, itu yang aku yakini sih.

    BalasHapus
  7. Setuju. Selama bahagia lakukan saja. Saya juga hobby nonton dari dulu, sampai akhirnya sekarang kalau nonton jadi gratis. Heheh

    BalasHapus
  8. Selama ini menekuni beberapa hobi tapi kalau kita tahu peluang maka hobi bisa jadi menghasilkan dan tidak hanya menghabiskan dana kk.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Green Jobs, Peluang Kerja Indonesia Kini

  Pertama kali mendengar  green jobs itu, jujur aku tidak paham sama sekali. Tukang kebunkah? Naturalist? Ahli Botani? Pekerjaan yang ramah lingkungankah? Hingga akhirnya aku mengetahui apa yang dimaksud tersebut. Dugaanku ternyata benar, bahwa Green Job secara mudah didefinisikan dengan pekerjaan yang ramah lingkungan. Namun jika mengutip definisi dari International Labour Organization (ILO), definisinya tidak hanya itu namun harus memenuhi 3 hal, yaitu : pekerjaan yang ramah lingkungan dari sisi prosesnya,  pekerjaan yang ramah lingkungan dari sisi produk dan jasa yang dihasilkan dan  pekerjaan yang dapat memberikan penghidupan yang layak.   Sepintas yang terlintas di pikiran tentang pekerjaan ini berarti pekerjaan yang berkaitan langsung dengan alam/lingkungan hidup seperti contohnya : ahli manajemen sampah, ahli energi terbarukan, ahli kehutanan, ahli pertanian dan lainnya. Selain dari pekerjaan-pekerjaan tersebut tidak dapat dikategorikan Green Jobs, sebut saja : pega

5 Trik Cara untuk Biayai Liburan di Tahun 2020

5 trik cara untuk biayai liburan di tahun 2020 bisa kamu simak disini. Tahun 2020 sudah 3 bulan terlewati nih. Kamu udah nabung belum untuk liburan kamu di tahun ini? Sudah tentukan destinasi wisata travelling impian kamu? Sudah tau berapa nominal yang harus kamu siapkan? Credit to: www.pixabay.com 5 Trik Cara untuk Biayai Liburan di Tahun 2020: Cek Rencana Pemasukan  Dalam setahun ini kira-kira ada pemasukan diluar gaji bulanankah? Misal Bonus, THR, Gaji ke-13, atau usaha sampingan. Coba kamu hitung, apakah cukup untuk membiayai liburan impian kamu. Cek Rencana Pengeluaran  Kalau pengeluaran non rutin, adakah? Coba dihitung dan kurangilah dari rencana pemasukan non rutin kamu. Contoh pengeluaran non rutin nih, karena kebanjiran kemarin jadi harus keluar biaya extra untuk membeli/memperbaiki barang-barang yang rusak, membeli barang impian kamu dan lainnya.  Cek Nominal Tabungan Kamu rela gak kuras tabungan demi untuk membiayai liburan kamu?  Jangan lupa tetap d

Ayo Lapor Pajak Kamu dengan Aplikasi Pajak Online

Ayo sudah bulan Februari sebentar lagi Maret, kamu sudah mempersiapkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan Pribadi kamu belum? Jangan lupa lho deadline pelaporan SPT secara mandiri tanggal 31 Maret setiap tahunnya. Sebagai warga negara yang baik kamu jangan sampai lupa ya untuk melaporkan SPT kamu setiap tahunnya. Bagi para pegawai yang bekerja di perusahaan, setiap penghasilan kita setiap bulannya sudah dipotong pajak penghasilan (Pph 21) dan disetorkan ke kantor pajak oleh perusahaan. Walaupun sudah disetorkan pajak penghasilan kita oleh perusahaan namun tetap menjadi kewajiban kita sebagai subjek pajak untuk melaporkan secara mandiri SPT kita. Laporan SPT itu mudah loh enggak ribet kok. Tapi wajib dilakukan ya jangan sampai nggak. Karena kalau kamu nggak melaporkan SPT kamu secara mandiri sebelum 31 Maret setiap tahunnya, kamu bisa didenda oleh kantor pajak. Saat ini pelaporan SPT itu sudah bisa dilakukan secara online lu jadi tinggal klik aja nggak perlu ngeprint fo