Langsung ke konten utama

Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Minim Biaya

Pembelajaran Jarak Jauh sudah dimulai pada tahun ajaran baru 2020/2021 ini. Mulai dari tingkat TK hingga perguruan tinggi. Walau sebelumnya juga sudah dimulai pembelajaran jarak jauh ini, tapi tidak dimulai dari awal tahun ajaran baru, hanya 3 bulan menjelang akhir tahun ajaran. Tentunya berbeda ya pembelajaran jarak jauh yang dimulai dari awal tahun dan akhir tahun.

              sumber : www.pixabay.com

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini hampir dilakukan di seluruh wilayah Indonesia karena angka pandemi covid-19 yang masih tinggi. Hanya sebagian kecil zona hijau yang diperbolehkan menggukan metode pembelajaran tatap muka. Mau tidak mau para orang tua harus beradaptasi dengan kondisi yang ada. Khususnya dengan berbagai biaya yang muncul sebagai akibat dari adanya PJJ ini.

5 biaya yang pasti bertambah dengan adanya pembelajaran jarak jauh dari rumah ini antara lain adalah : 
1. Biaya kuota internet
Sedikit banyak kuota internet pasti akan bertambah, karena guru akan mengirimkan materi dalam bentuk video dalam durasi yang berbeda-beda. Ada yang memberikan link youtube, ada pula yang langsung memberikan video. Belum lagi kalau mekanisme sistem PJJnya adalah online menggunakan aplikasi google meet/zoom sejumlah waktu belajar anak di sekolah seperti biasa (misal pukul 07.00-15.00), dapat dibayangkan berapa kuota internet yang dibutuhkan. Belum lagi jika di rumah, anak yang PJJ ada beberapa orang, tinggal dikalikan saja. 
2. Biaya menambah laptop/smartphone android
Tidak semua keluarga memiliki laptop/smartphone android. Dengan kondisi saat ini, maka diharapkan minimal untuk 1 keluarga memiliki 1 smartphone android untuk komunikasi dengan guru dan tugas-tugas yang mesti diselesaikan. Idealnya setiap anak memiliki 1 laptop/smartphone untuk dapat secara optimal melakukan PJJ dari rumah, apalagi jika jam online yang diminta dari pihak sekolah bersamaan.
3. Biaya listrik
Jika biasanya saat sekolah rumah kosong maka biaya listrik pun kecil (karena lampu dimatikan). Namun ketika saat pandemi di rumah seperti ini, biaya listrik akan bertambah sangat signifikan, karena semua orang di rumah, listrik yang menyala pun akan lebih banyak. 
4. Biaya ngeprint dan fotocopy
Ada beberapa tipe PJJ dimana tugas difotokan oleh gurunya dan diminta untuk mengeprint masing-masing, atau ditunjuk koordinator kelas lalu koordinator kelas tersebut memfotocopy untuk seluruh anggota kelas. Walau sedikit biayanya kalau dikumpulkan selama 1 tahun ajaran lumayan juga loh biayanya. 
5. Biaya "mengawasi anak-anak belajar di rumah".
Nah ini nih biaya yang tidak dapat diukur dengan nominal. Orang tua yang sehari-hari tidak berperan sebagai guru di rumah, mau tidak mau harus berperan sebagai guru kreatif. Dimana ternyata ketika menjadi berperan menjadi guru itu, tidak mudah ya. Emosi yang terkuras ketika melihat anak-anak tidak serius belajar dan tidak mengerti yang diajarkan itu benar-benar tidak dapat diukur dengan uang. Tidak heran ternyata tidak sembarang orang dapat menjadi guru, harus melalui jenjang pendidikan tertentu. 

Walau begitu jangan lupa ada 5 biaya juga yang tidak keluar alias posnya dapat digunakan untuk menggantikan 5 biaya yang timbul dari adanya pembelajaran jarak jauh ini. 5 biaya itu antara lain:
1. Biaya ongkos ke sekolah
Biaya bensin atau ongkos angkutan umum yang biasa keluar setiap hari jika anak-anak bersekolah, coba deh dihitung dan silahkan dialihkan untuk biaya kuota internet (banyak promo-promo kuota internet jika jeli melihat-lihat semua jenis kuota yang ditawarkan oleh setiap provider yang cukup murah, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan tentunya dana yang dialokasikan dari ongkos anak-anak jika pergi ke sekolah).
2. Biaya jajan anak di sekolah
Anak-anak belajar di rumah, apakah tetap diberikan uang jajan? Mungkin uang jajan tersebut dapat dikurangi atau ditiadakan. Anak-anak diberi pengertian bahwa uang jajan tersebut digunakan untuk keperluan PJJ misalnya membeli smartphone android yang secukupnya (misal uang jajannya 10-20 ribu rupiah dikalikan 25 hari, dalam 2-4 bulan sudah dapat dibelikan smartphone seharga 1 jutaan).
3. Biaya les anak
Les anak dapat distop dahulu, walau beberapa les juga menggunakan media daring namun dapat dilihat apakah masih cukup efektif jika menggunakan media daring? Biaya les anak ini juga dapat dialihkan untuk langganan kuota internet unlimited di rumah dan anak juga dapat diarahkan untuk mempelajari melalui dunia maya via channel youtube atau aplikasi namun tetap didampingi ya.
4. Biaya ektrakurikuler
Biaya ekstrakurikuler di sekolah biasanya tidak akan dimintakan ketika sekolah masih memberlalukan PJJ ini. Jadi biaya ekstrakurikuler ini dapat dialihkan ya untuk biaya-biaya lain yang timbul selama PJJ misalnha biaya fotocopy/print.
5. Biaya piknik bersama sekolah
Selama masa pandemi masih berjalan, piknik bersama sekolah pun ditiadakan. Biasanya untuk piknik bersama anak-anak menabung di sekolah setiap bulannya sebesar nominal tertentu. Nah berhubung biaya piknik bersama sekolah ini akan hilang makan biaya piknik bersama ini dapat dialihkan untuk biaya piknik bersama keluarga. Piknik bersama keluarga di masa pandemi seperti ini tidak serta merta harus dilakukan di tempat wisata tapi bisa dilakukan di rumah atau sekedar putar-putar kota saja. 

Jadi strategi yang dapat dilakukan selama PJJ untuk meminimalisir biaya yang timbul adalah melihat kembali biaya-biaya yang biasa keluar jika anak bersekolah lalu dialokasikan untuk biaya yang muncul selama PJJ. Diusahakan biaya yang muncul dan yang hilang ketika PJJ setara ya jadi tidak nombok. Yuk kita hitung ulang biaya-biaya ini.

Kalau kamu punya tips apa saja selama PJJ ini?


Komentar

  1. Sepertinya no 2 sampai 5 tidak berlaku mb. Kalau dilihat dari anak-anak tetangga di sekitar rumah maya, mereka tetap masuk les mapel atau ikut pelatihan beladiri atau apalah gitu, jajan ke warung, pinik sama keluarga juga....

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Green Jobs, Peluang Kerja Indonesia Kini

  Pertama kali mendengar  green jobs itu, jujur aku tidak paham sama sekali. Tukang kebunkah? Naturalist? Ahli Botani? Pekerjaan yang ramah lingkungankah? Hingga akhirnya aku mengetahui apa yang dimaksud tersebut. Dugaanku ternyata benar, bahwa Green Job secara mudah didefinisikan dengan pekerjaan yang ramah lingkungan. Namun jika mengutip definisi dari International Labour Organization (ILO), definisinya tidak hanya itu namun harus memenuhi 3 hal, yaitu : pekerjaan yang ramah lingkungan dari sisi prosesnya,  pekerjaan yang ramah lingkungan dari sisi produk dan jasa yang dihasilkan dan  pekerjaan yang dapat memberikan penghidupan yang layak.   Sepintas yang terlintas di pikiran tentang pekerjaan ini berarti pekerjaan yang berkaitan langsung dengan alam/lingkungan hidup seperti contohnya : ahli manajemen sampah, ahli energi terbarukan, ahli kehutanan, ahli pertanian dan lainnya. Selain dari pekerjaan-pekerjaan tersebut tidak dapat dikategorikan Green Jobs, sebut saja : pega

5 Trik Cara untuk Biayai Liburan di Tahun 2020

5 trik cara untuk biayai liburan di tahun 2020 bisa kamu simak disini. Tahun 2020 sudah 3 bulan terlewati nih. Kamu udah nabung belum untuk liburan kamu di tahun ini? Sudah tentukan destinasi wisata travelling impian kamu? Sudah tau berapa nominal yang harus kamu siapkan? Credit to: www.pixabay.com 5 Trik Cara untuk Biayai Liburan di Tahun 2020: Cek Rencana Pemasukan  Dalam setahun ini kira-kira ada pemasukan diluar gaji bulanankah? Misal Bonus, THR, Gaji ke-13, atau usaha sampingan. Coba kamu hitung, apakah cukup untuk membiayai liburan impian kamu. Cek Rencana Pengeluaran  Kalau pengeluaran non rutin, adakah? Coba dihitung dan kurangilah dari rencana pemasukan non rutin kamu. Contoh pengeluaran non rutin nih, karena kebanjiran kemarin jadi harus keluar biaya extra untuk membeli/memperbaiki barang-barang yang rusak, membeli barang impian kamu dan lainnya.  Cek Nominal Tabungan Kamu rela gak kuras tabungan demi untuk membiayai liburan kamu?  Jangan lupa tetap d

Ayo Lapor Pajak Kamu dengan Aplikasi Pajak Online

Ayo sudah bulan Februari sebentar lagi Maret, kamu sudah mempersiapkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan Pribadi kamu belum? Jangan lupa lho deadline pelaporan SPT secara mandiri tanggal 31 Maret setiap tahunnya. Sebagai warga negara yang baik kamu jangan sampai lupa ya untuk melaporkan SPT kamu setiap tahunnya. Bagi para pegawai yang bekerja di perusahaan, setiap penghasilan kita setiap bulannya sudah dipotong pajak penghasilan (Pph 21) dan disetorkan ke kantor pajak oleh perusahaan. Walaupun sudah disetorkan pajak penghasilan kita oleh perusahaan namun tetap menjadi kewajiban kita sebagai subjek pajak untuk melaporkan secara mandiri SPT kita. Laporan SPT itu mudah loh enggak ribet kok. Tapi wajib dilakukan ya jangan sampai nggak. Karena kalau kamu nggak melaporkan SPT kamu secara mandiri sebelum 31 Maret setiap tahunnya, kamu bisa didenda oleh kantor pajak. Saat ini pelaporan SPT itu sudah bisa dilakukan secara online lu jadi tinggal klik aja nggak perlu ngeprint fo