Langsung ke konten utama

5 Tips Hitung Biaya untuk Liburan Kamu


5 tips hitung biaya untuk liburan kamu du tahun 2020 ini. Waw sudah bulan Maret, tinggal 9 bulan lagi di tahun 2020 ini. Masih semangat untuk liburan 2020? Walau ada virus corona, liburan tetap perlu ya, supaya seimbang hidupnya karena dengan liburan dapat merecharge pikiran, jiwa dan raga dari rutinitas kita sehari-hari.

Sudah tentukan belum destinasi wisata untuk lokasi traveling impian kamu di tahun 2020 ini? 

Credit to : www.pixabay.com

Setelah tentukan lokasi, baru deh bisa kamu hitung-hitung biaya apa saja ya yang keluar. 


5 tips atur biaya untuk liburan kamu:

Transportasi

  • Ada biaya transportasi menuju lokasi wisata, ada pula biaya transportasi selama di kota/negara wisata tersebut. 
  • Misalnya kamu mau ke Bali, transportasi menuju Bali bisa via udara/darat+laut (membawa kendaraan pribadi), transportasi selama di Balinya apakah akan menyewa mobil/motor atau dengan kendaraan pribadi. 
  • Pesanlah tiket jauh-jauh hari untuk berburu tiket murah dan googlinglah promo-promo yang sering disediakan oleh berbagai aplikasi dan perbankan.

Akomodasi

  • Kamu juga harus menentukan mau menginap dimana? Hotel berbintangkah, losmen, atau di rumah saudara. Setiap pilihan akan mempengaruhi biaya yang akan keluar. Hitung juga biaya makan pagi, siang dan malam kamu ya.
  • Pesan tiket hotel jauh-jauh hari dan googlinglah promo-promo yang sering disediakan oleh berbagai aplikasi dan perbankan. 

Tiket tempat wisata

  • Ada berbagai tempat wisata di kota wisata tersebut. Tentukan sedari awal ittinery, kamu mau ke tempat wisata apa saja cocokkan dengan jumlah hari kamu disana, jangan aji mumpung semua tempat wisata mau didatangi. Nanti bisa bikin kantong jebol, dan terburu-buru sehingga tidak menikmati. Belum lagi kalau kamu jadi jatuh sakit karena kecapaian, liburan kamu bisa bubar disana.  
  • Googling harga tiket tempat wisata jauh-jauh hari dan pilihlah promo-promo yang sering disediakan oleh berbagai aplikasi dan perbankan. Baiknya beli tiketnya saat sudah di lokasi, jika via online lebih murah atau ada diskon beli saja online saat sudah di lokasi, hemat antrian, waktu dan biaya. Jika membeli di loket, tanyalah ada promo apa saja (menggunakan kartu bank tertentu). 
  • Mengapa tidak jauh-jauh hari, takutnya ketika kamu sampai di lokasi ada beberapa wahana tidak beroperasi atau hujan sehingga kamu urung ke tempat wisata tersebut, uang kamu tidak hangus kan.

Oleh-oleh

  • Biaya oleh-oleh juga sebaiknya sudah kamu batasi sebelum kamu berangkat. Jumlah orang yang akan kamu berikan oleh-oleh juga sebaiknya kamu tentukan dan hitung dengan seksama. Karena biaya oleh-oleh ini jika tidak direncanakan dan dibatasi sedari awal bisa membuat pengeluaran kamu membengkak.
  • Belilah oleh-oleh di tempat yang menjual secara grosir/lusinan jika kamu akan membeli oleh-oleh dalam jumlah banyak.  Hindari oleh-oleh makanan yang cepat basi. 

Biaya tak terduga

  • Walau sedang liburan tetap harus menyiapkan biaya tak terduga selama berlibur. Manusia boleh berencana namun Tuhan yang menentukan, bisa saja ada sesuatu terjadi ketika kamu sedang berlibur yang membutuhkan mengeluarkan biaya tambahan.
  • Contohnya:  kamu tiba-tiba sakit ketika berlibur, ada dana untuk kamu ke dokter (pastikan kartu asuransi kesehatan dibawa kemana pun kamu pergi dan cek apakah dapat berlaku di kota/negara tujuan wisata kamu). Kamu tiba-tiba harus pulang lebih dahulu karena alasan keluarga/kantor/berita duka dll  sehingga harus membeli tiket pulang atau menambah biaya reschedule tiket.  
Nah sudah paham kan biaya apa saja yang mesti kamu hitung sebelum kamu bersiap untuk liburan. Setelah kamu sudah menentukan lokasi dan jumlah biaya untuk liburan kamu, pertanyaan selanjutnya adalah...

Bagaimana ya cara mengumpulkan duit untuk membiayai liburanku di tahun 2020 ini?

Baca post aku selanjutnya ya. ^__^

5 Trik Cara untuk Biayai Liburan Kamu


Credit to : www.pixabay.com

Komentar

  1. Kadamg2 booking tiket online biaa lebih murah juga. Makanya kalo sebelum jalan aku rajin juga buka2 situs online. Lumayan banget kan klo ada diskon bisa ngurangi budget dikit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba hunting-huntung jauh-jauh hari penting nih.

      Hapus
  2. Iya harus jauh-jauh hari cari transportasinya ya mbak. Saya pernah telat cari mobil carteran jadi batal deh pikniknya, padahal saat itu anggota keluarga udah kumpul semua. Huhuhu, syedihhhh ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, transportasi di lokasi tujuan wisata juga mesti diperhatikan dan disiapkan :)

      Hapus
  3. Wiih, kak... Bagus tulisannya, untuk pertanyaan paling terakhir, itu bisa gak y kalo kakak yang ngasih tau saya jawabannya apa.. 😄😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu postingan selanjutnya yaaa, silahkan follow blognya :)

      Hapus
  4. Trik yg bagus nih...liburan nyaman, hati senang, kantong pun tetap aman. Begitu ya harapannya..

    BalasHapus
  5. Ini penting banget sih, biar nggk over budged, aplagi klo yg namanya liburan harus terperinci khususnya soal biaya

    BalasHapus
  6. Semoga ada rezekinya piknik, lagi banyak pengeluaran untuk anak wedok yang mau masuk SMP, semoga Corona segera reda..

    BalasHapus
  7. Nah kebetulan banget baca ini. Pertengahan tahun nanti aku ada rencana mau liburan ke luar pulau. Berarti mesti direncanain dari sekarang ya perhitungan biayanya. Atau beli tiketnya bisa dicicil dari skrg nih biar masih murah.

    BalasHapus
  8. setuju, liburan butuh biar tetep waras ya hehehe, tapi aku tuh jarang beli oleh-oleh kalau pas liburan, males bawaannya hahaha

    BalasHapus
  9. Betul banget, perencanaan untuk liburan harus dilakukan. Kayak pesan tiket jauh sebelumnya, bisa dapat harga promo. Aku beberapa kali booking tiket dapat harga murah. Tapi kalo liburan dadakan pun kami sering juga. Biasanya suami yang ngajak, karena ingin ganti suasana setelah dua Minggu atau sebulan kerja. Paling pergi nya di kawasan Jawa tengah. Yang hemat dan bisa dilakukan setiap waktu

    BalasHapus
  10. Aku nih yang biasanya kalo mau liburan pasti udah nyiapin dari jauh-jauh hari, soalnya aku type orang yg gampang kuatir kalo-kalo terjadi sesuatu pas liburan nanti. Meski begitu pernah juga liburan dadakan si, tapi paling ke tempat yg deket2 aja. By The way, makasih tips nya ya. Bakalan kepake banget buat ngrencanain liburan lagi

    BalasHapus
  11. Yang penting tu niatnya sih buat ngatur duit. Kalau nggak ada niat, males-malesan ya susah

    BalasHapus
  12. Kadang oleh oleh memang jadi bagian yang bikin budget membengkak. Pengennya beli oleh2 buat sekampung.. Hehee.. .

    BalasHapus
  13. Nah, saat merencanakan liburan, yg paling ngeselin adalah....selalu suamiku tuh ngajaknya dadakan. Mau booking hotel dan segala macem klo hari H kan susah juga toh.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Green Jobs, Peluang Kerja Indonesia Kini

  Pertama kali mendengar  green jobs itu, jujur aku tidak paham sama sekali. Tukang kebunkah? Naturalist? Ahli Botani? Pekerjaan yang ramah lingkungankah? Hingga akhirnya aku mengetahui apa yang dimaksud tersebut. Dugaanku ternyata benar, bahwa Green Job secara mudah didefinisikan dengan pekerjaan yang ramah lingkungan. Namun jika mengutip definisi dari International Labour Organization (ILO), definisinya tidak hanya itu namun harus memenuhi 3 hal, yaitu : pekerjaan yang ramah lingkungan dari sisi prosesnya,  pekerjaan yang ramah lingkungan dari sisi produk dan jasa yang dihasilkan dan  pekerjaan yang dapat memberikan penghidupan yang layak.   Sepintas yang terlintas di pikiran tentang pekerjaan ini berarti pekerjaan yang berkaitan langsung dengan alam/lingkungan hidup seperti contohnya : ahli manajemen sampah, ahli energi terbarukan, ahli kehutanan, ahli pertanian dan lainnya. Selain dari pekerjaan-pekerjaan tersebut tidak dapat dikategorikan Green Jobs, sebut saja : pega

5 Trik Cara untuk Biayai Liburan di Tahun 2020

5 trik cara untuk biayai liburan di tahun 2020 bisa kamu simak disini. Tahun 2020 sudah 3 bulan terlewati nih. Kamu udah nabung belum untuk liburan kamu di tahun ini? Sudah tentukan destinasi wisata travelling impian kamu? Sudah tau berapa nominal yang harus kamu siapkan? Credit to: www.pixabay.com 5 Trik Cara untuk Biayai Liburan di Tahun 2020: Cek Rencana Pemasukan  Dalam setahun ini kira-kira ada pemasukan diluar gaji bulanankah? Misal Bonus, THR, Gaji ke-13, atau usaha sampingan. Coba kamu hitung, apakah cukup untuk membiayai liburan impian kamu. Cek Rencana Pengeluaran  Kalau pengeluaran non rutin, adakah? Coba dihitung dan kurangilah dari rencana pemasukan non rutin kamu. Contoh pengeluaran non rutin nih, karena kebanjiran kemarin jadi harus keluar biaya extra untuk membeli/memperbaiki barang-barang yang rusak, membeli barang impian kamu dan lainnya.  Cek Nominal Tabungan Kamu rela gak kuras tabungan demi untuk membiayai liburan kamu?  Jangan lupa tetap d

Ayo Lapor Pajak Kamu dengan Aplikasi Pajak Online

Ayo sudah bulan Februari sebentar lagi Maret, kamu sudah mempersiapkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan Pribadi kamu belum? Jangan lupa lho deadline pelaporan SPT secara mandiri tanggal 31 Maret setiap tahunnya. Sebagai warga negara yang baik kamu jangan sampai lupa ya untuk melaporkan SPT kamu setiap tahunnya. Bagi para pegawai yang bekerja di perusahaan, setiap penghasilan kita setiap bulannya sudah dipotong pajak penghasilan (Pph 21) dan disetorkan ke kantor pajak oleh perusahaan. Walaupun sudah disetorkan pajak penghasilan kita oleh perusahaan namun tetap menjadi kewajiban kita sebagai subjek pajak untuk melaporkan secara mandiri SPT kita. Laporan SPT itu mudah loh enggak ribet kok. Tapi wajib dilakukan ya jangan sampai nggak. Karena kalau kamu nggak melaporkan SPT kamu secara mandiri sebelum 31 Maret setiap tahunnya, kamu bisa didenda oleh kantor pajak. Saat ini pelaporan SPT itu sudah bisa dilakukan secara online lu jadi tinggal klik aja nggak perlu ngeprint fo