Langsung ke konten utama

5 Cara Menambah Pemasukan Uang di Tengah Wabah Corona

5 Cara menambah pemasukan uang di tengah corona, bagaimana caranya ya? Ketika kita diharuskan berada di dalam rumah, apa iya ada yang bisa kita lakukan untuk menambah pemasukan uang? 

sumber : www.pixabay.com

Kamu bisa memanfaatkan waktu kamu di rumah dengan melakukan berbagai kegiatan yang dapat menghasilkan uang. Kegiatan yang selama ini kamu sukai sebenarnya namun terkendala tidak ada waktu karena kesibukanmu di luar sana.

Yuk coba diingat-ingat hobby kamu yang terbengkalai dimana kalau kamu seriusin bisa menghasilkan pundi-pundi uang loh. Aku coba bantu tuliskan ya 5 hobby yang mungkin sudah kamu lupakan.

1. Menulis 
Dengan banyaknya waktumu di rumah, kamu bisa menulis dengan lebih leluasa. Menulis apa saja yang kamu suka. Bisa menulis di blog, menulis cerpen, menulis puisi, menulis novel atau bahkan menerbitkan sebuah buku. Banyak sekali lomba blog, cerpen, puisi dan novel yang bisa kami ikuti, lumayan juga hadiahnya. Belum lagi kalau kamu bisa menerbitkan buku kamu dan menjadi best seller, lumayanlah royaltinya. Menulis itu banyak manfaatnya. Bisa dimulai dengan yang paling mudah dahulu yaitu ngeblog. Manfaat Ngeblog itu banyak loh, selain bisa mendapatkan uang, kalau buat aku manfaat ngeblog yang paling penting itu adalah dapat mencurahkan isi pikiran dan berbagi manfaat kepada orang lain melalui tulisan di blog yang dibaca oleh banyak orang. Tips ngeblog itu gak susah kok, percaya diri saja dengan apa yang akan kamu tulis lalu tulis aja dan sering-seringlah membaca tulisan orang di blog orang lain. Lama-lama kamu akan mendapatkan gaya penulisan kamu yang ciamik dan enak dibaca oleh orang-orang. 

2. Membuat kerajinan tangan
Yang suka merajut, bisa merajut. Yang suka menjahit bisa menjahit baju. Yang suka bebikinan dari kertas daur ulang juga bisa. Apa saja yang kamu suka buat, silahkan dibuat. Nah, kalau udah selesai nih, pajang deh di sosial media kamu, siapa tau banyak teman-teman kamu yang berminat untuk meminangnya. 

3. Memasak
Kamu bisa menyalurkan hobby memasak kamu nih dan juga membuat kue. Waktumu banyak di rumah. Gak boleh keluar rumah berarti gak bisa makan di luar kan? Silahkan dicoba-coba beberapa resep baru atau masak aja resep andalan keluarga. Coba deh kamu hitung-hitung lebih murah makan di luar atau memasak di rumah ya? Ternyata rasanya malah bisa jadi enakan buatan kamu. Trus coba deh posting-posting di social media kamu, dan kirim-kirim tester ke tetangga. Bisa kamu jual loh masakan kamu dan kue-kue buatan kamu via online. 

4. Berkebun
Berkebun tidak membutuhkan halaman yang luas. Sekarang bisa berkebun dengan metode hidroponik, gak perlu tanah, cukup dengan air saja. Hasilnya lumayan, bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan sayur sehari-hari. Bahkan jika berlebih bisa banget kamu jual ke sekitarmu. Nambah deh pundi-pundi uang kamu dan turut membantu tetangga-tetangga kamu supaya gak usah repot keluar atau ke pasar untuk membeli sayur. Kan diminta stay at home bukan? 

5. Mempercantik media sosialmu
Jadikan media sosial untuk tempat etalase jualan kamu. Percantik media sosial kamu, ambil gambar yang ciamik. Update selalu, mainkan hashtag. Bagikan akun jualan kamu ke teman-teman kamu. Jadi deh siap jualan online dari rumah.

Kamu ada ide lain untuk menambah list diatas? Yuk drop di kolom komentar. Supaya kamu gak suntuk di rumah tapi malah menebar manfaat serta menambah pundi-pundi uang. Semoga wabah corona cepat usai ya teman-teman.



Komentar

  1. Selama wabah korona hobi jalan2ku ga bisa tersalurkan nih mbak. Sedih deh tapi hikmahnya jadi bisa update blog beberapa cerita perjalanan yg belum kutulis mulai dicicil. Alhamdbulilah

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Green Jobs, Peluang Kerja Indonesia Kini

  Pertama kali mendengar  green jobs itu, jujur aku tidak paham sama sekali. Tukang kebunkah? Naturalist? Ahli Botani? Pekerjaan yang ramah lingkungankah? Hingga akhirnya aku mengetahui apa yang dimaksud tersebut. Dugaanku ternyata benar, bahwa Green Job secara mudah didefinisikan dengan pekerjaan yang ramah lingkungan. Namun jika mengutip definisi dari International Labour Organization (ILO), definisinya tidak hanya itu namun harus memenuhi 3 hal, yaitu : pekerjaan yang ramah lingkungan dari sisi prosesnya,  pekerjaan yang ramah lingkungan dari sisi produk dan jasa yang dihasilkan dan  pekerjaan yang dapat memberikan penghidupan yang layak.   Sepintas yang terlintas di pikiran tentang pekerjaan ini berarti pekerjaan yang berkaitan langsung dengan alam/lingkungan hidup seperti contohnya : ahli manajemen sampah, ahli energi terbarukan, ahli kehutanan, ahli pertanian dan lainnya. Selain dari pekerjaan-pekerjaan tersebut tidak dapat dikategorikan Green Jobs, sebut saja : pega

5 Trik Cara untuk Biayai Liburan di Tahun 2020

5 trik cara untuk biayai liburan di tahun 2020 bisa kamu simak disini. Tahun 2020 sudah 3 bulan terlewati nih. Kamu udah nabung belum untuk liburan kamu di tahun ini? Sudah tentukan destinasi wisata travelling impian kamu? Sudah tau berapa nominal yang harus kamu siapkan? Credit to: www.pixabay.com 5 Trik Cara untuk Biayai Liburan di Tahun 2020: Cek Rencana Pemasukan  Dalam setahun ini kira-kira ada pemasukan diluar gaji bulanankah? Misal Bonus, THR, Gaji ke-13, atau usaha sampingan. Coba kamu hitung, apakah cukup untuk membiayai liburan impian kamu. Cek Rencana Pengeluaran  Kalau pengeluaran non rutin, adakah? Coba dihitung dan kurangilah dari rencana pemasukan non rutin kamu. Contoh pengeluaran non rutin nih, karena kebanjiran kemarin jadi harus keluar biaya extra untuk membeli/memperbaiki barang-barang yang rusak, membeli barang impian kamu dan lainnya.  Cek Nominal Tabungan Kamu rela gak kuras tabungan demi untuk membiayai liburan kamu?  Jangan lupa tetap d

Ayo Lapor Pajak Kamu dengan Aplikasi Pajak Online

Ayo sudah bulan Februari sebentar lagi Maret, kamu sudah mempersiapkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan Pribadi kamu belum? Jangan lupa lho deadline pelaporan SPT secara mandiri tanggal 31 Maret setiap tahunnya. Sebagai warga negara yang baik kamu jangan sampai lupa ya untuk melaporkan SPT kamu setiap tahunnya. Bagi para pegawai yang bekerja di perusahaan, setiap penghasilan kita setiap bulannya sudah dipotong pajak penghasilan (Pph 21) dan disetorkan ke kantor pajak oleh perusahaan. Walaupun sudah disetorkan pajak penghasilan kita oleh perusahaan namun tetap menjadi kewajiban kita sebagai subjek pajak untuk melaporkan secara mandiri SPT kita. Laporan SPT itu mudah loh enggak ribet kok. Tapi wajib dilakukan ya jangan sampai nggak. Karena kalau kamu nggak melaporkan SPT kamu secara mandiri sebelum 31 Maret setiap tahunnya, kamu bisa didenda oleh kantor pajak. Saat ini pelaporan SPT itu sudah bisa dilakukan secara online lu jadi tinggal klik aja nggak perlu ngeprint fo