Langsung ke konten utama

5 Tips Hidup Sehat tanpa Kantong Bolong

5 Tips hidup sehat tanpa kantong bolong itu bisa banget loh. Hemat boleh tapi kesehatan tetap nomer 1 ya. Karena kalau sakit semua yang sudah dihemat-hemat atau disisihkan untuk tabunganmu bisa keluar lagi dengan sekejab mata untuk membiayai penyakitmu. Tabungan dan dana daruratmu menguap begitu saja. Gak mau kan kayak begitu? 

credit to: www.pixabay.com


Jadi bagaimana caranya hidup sehat tanpa bikin kantong bolong?

Yuk simak,

5 Tips Hidup Sehat tanpa Kantong Bolong dari mama angrumaoshi ya


1. Makan Teratur dan Bergizi

Tips sehat itu mudah, dimulai dari makanan. Makanlah 3x sehari, di pagi hari layaknya raja, di siang hari layaknya prajurit dan di malam hari layaknya pengemis. Maksudnya gimana tuh? Sarapan itu jangan tertunda atau terlewat, makanlah yang banyak dan bergizi untuk asupan melewati aktivitas seharian ini. Begitu pula makan siang. Namun unuk malam hari makan sedikit saja seperti pengemis, karena malam kan kita hanya tidur sehingga tidak perlu banyak energi. Sehat iya berat badan berlebih juga menjauh deh. 
Makan 3x dan bergizi gak harus mahal loh, kamu bisa atur dengan cara sarapan di rumah dan membawa bekal untuk makan siang. Dijamin irit, kebersihan makanan terjaga dan bergizi karena kamu sendiri yang menyiapkan dan memasak makananmu.

2. Jangan lupa berolah raga

Olah raga itu gak mesti loh ikutan gym yang bayar member bulanannya aduhai, trus belum beli outfitnya yang juga aduhai harganya mulai dari ujung kaki (sneakers) hingga ujung kepala (baju). Olah raga ringan saja dahulu di rutinkan misalnya seperti gerak-gerak badan di ruangan kantor, naik tangga, berjalan kaki/jogging atau bersepeda di kala weekend. 
Ikutan gym boleh juga loh tapi jangan karena ikut-ikutan nanti yang ada bayar membernya iya tapi dateng gymnya jarang, sayang kan uang membernya.

3. Jaga kesehatan

Kalau ada di sekitarmu sedang sakit, kamu mesti jaga kesehatanmu dengan baik. Jangan sampai tertular. Caranya dengan cara memperbanyak minum vitamin, memakai masker dan menjaga jarak ya dengan yang sakit kalau dimungkinkan. Jangan lupa sering cuci tangan dengan sabun antiseptik. Sedia selalu masker dan sabun antiseptik di rumah ya, jangan tunggu harga mahal karena dimainkan tengkulak karena lagi marak corona.


4. Istirahat yang cukup

Lembur boleh, apalagi kalau dikejar deadline. Tapi jangan lupa setelah selesai semuanya kamu berhutang istirahat bagi tubuhmu. Boleh work hard play hard ya tapi jangan lupa istirahat. Karena kalau kamu lupa istirahat, tidur malam terus, lalu jalan-jalan terus padahal badan udah kasih sinyal minta rehat, jangan kaget kalo yang ada setelah kamu work hard play hard trus die hard. Berbagai macam penyakit berat (kanker, autoimun, penyakit jantung dkk) dapat muncul setelah berjalannya waktu yang cukup lama dengan gaya hidup work hard play hard tersebut. Kebayang kan biaya yang mesti keluar untuk membiayai penyakit berat tersebut? 

5. Sehat Jiwa dan Mental

Kalau tips 1-4 itu untuk pola hidup sehat raga, jangan lupa jiwa juga perlu senantiasa sehat. Tiada gunanya jika badan raga sehat kuat tapi jiwanya sakit. Banyak loh penyakit jiwa/mental yang dapat mampir kalau kita tidak menjaga kesehatan jiwa kita. Menjaga kesehatan mental tentunya jauh lebih murah daripada kalau harus bolak-balik konsul ke dokter spesialis jiwa dan konsumsi obat-obatnya kan. 
Cara untuk sehat jiwa dan mental itu, murah dan mudah loh, caranya antara lain : hindari stres, seringlah luangkan waktu melakukan hobbymu, dan banyak-banyaklah bersyukur serta berhenti membanding-bandingkan dirimu denga  orang lain. 
Itulah 5 Tips Sehat Tanpa Kantong Jebol ala Mama Angrumaoshi, kamu ada tips lainnya? Share di komen yaaa. Makasih.



Komentar

  1. Iya i. Kalau makan tepat waktu agak susah.

    BalasHapus
  2. Wah2 keren skl tipsnya mbak..iya mmg sehat tu mahal harganya..punya uang byk klu g sehat fisik mental sama aja zonk..aku mau nerapin jg yg point 1 makan spt pengemis d mlm hr

    BalasHapus
  3. No 2-4 kecolongan semua.. parah 🙈🙈🙈

    BalasHapus
  4. Wah nomor 2, madih blm bisa konsisten.

    BalasHapus
  5. Setuju banget sama poin yg terakhir. Kesehatan mental jg harus dijaga agar kesehatan fisik mudah didapat. Semangat menjaga kesehatan ya semuanya.

    BalasHapus
  6. Suka dengan narasi sarapan bagai raja, makan siang bagai prajurit dan malam seperti pengemis. Keran! hehe

    BalasHapus
  7. Makasih tips nya ma... Kadang tuh malah yg sering kedodoran di ga tertib olahraga dan istirahat. Duh, padahal kan itu hak badan kita ya...

    BalasHapus
  8. Sehat jiwa dan sehat mental, ini nih kontrol diri yang bener-bener harus bekerja keras supaya tetap stabil. Bener deh kita harus banyak bersyukur, stop membandingkan diri sendiri kadang masih perlu banyak belajar deh aku.

    BalasHapus
  9. Saya istirahatnya belum cukup nih mbak. Masih suka tidur tengah malam bahkan susah tidur. Jadinya malah lapar, hahah.

    Pengen banget bisa ngatur jam tidur supaya bisa bangun lebih pagi dan segar.

    Insya Allah selalu bersyukur dan berdamai dengan keadaan sepahit apapun itu :)

    BalasHapus
  10. Tips nya mantuuuul.. aku setuju banget dg ke-5 tips ini. Sayangnya aku blm bisa rutin OR nih, masih banyakan magernya hihi... tFS mba..

    BalasHapus
  11. Setuju banget salab satu cara menghilangkan stres tu dengan menekuni hobi. Makanya kalo udah sumpek sama kerjaan terus bawaannya pengen piknik aja menyalurkan hobi jalan2 hehe

    BalasHapus
  12. Oenting buat punya sabun cuci tangan. Trus jangan lupa lingkungan rumah dibersihin rutin. Jgn sekali2 doang hihi

    BalasHapus
  13. Jaga kesehatan itu sebenarnya mudah ya mbak. Dan juga murah. Kalo udah sakit, keluar biaya. Apalagi kalo sakit parah. Duh.. Jangan sampai deh. Mending tetap sehat

    BalasHapus
  14. Huwaah yang terakhir bener banget min, harus jangan stress
    rileks dan merdekakan pikiran itu yang belum aku lakukan ada aja kerjaan hahaha
    tapi alhamdulillah disyukuri semangat hidup sehat

    BalasHapus
  15. Saya paling gak mikir soal olahraga euy...tapi kadang berenang sebulan sekali (Tetap gak cukup) entahlah kapan bisa mulai rajinin olahraga lagi.

    BalasHapus
  16. Benar juga ya, asalkan bisa seimbang dalam bekerja dan istirahat, plus menjaga pola makan, Insya Allah badan kita sehat tanpa harus keluar biaya untuk ongkos berobat atau rumah sakit.

    BalasHapus
  17. Sehat jiwa itu penting banget ya, jaga bahagia diri sendiri dulu agar bisa membahagiakan orang lain.

    BalasHapus
  18. Setuju mbak, sehat itu rizki tang mahal nilainya. Dan ternyata mendapatkannya pun tidak selalu sulit. Yang penting pola hidup sehat diutamakan.

    BalasHapus
  19. 5 tips nan nan inspiratif.
    Sederhana pun aplikatif sangat.

    Mari memulainya sejak dini. Semangat ^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Green Jobs, Peluang Kerja Indonesia Kini

  Pertama kali mendengar  green jobs itu, jujur aku tidak paham sama sekali. Tukang kebunkah? Naturalist? Ahli Botani? Pekerjaan yang ramah lingkungankah? Hingga akhirnya aku mengetahui apa yang dimaksud tersebut. Dugaanku ternyata benar, bahwa Green Job secara mudah didefinisikan dengan pekerjaan yang ramah lingkungan. Namun jika mengutip definisi dari International Labour Organization (ILO), definisinya tidak hanya itu namun harus memenuhi 3 hal, yaitu : pekerjaan yang ramah lingkungan dari sisi prosesnya,  pekerjaan yang ramah lingkungan dari sisi produk dan jasa yang dihasilkan dan  pekerjaan yang dapat memberikan penghidupan yang layak.   Sepintas yang terlintas di pikiran tentang pekerjaan ini berarti pekerjaan yang berkaitan langsung dengan alam/lingkungan hidup seperti contohnya : ahli manajemen sampah, ahli energi terbarukan, ahli kehutanan, ahli pertanian dan lainnya. Selain dari pekerjaan-pekerjaan tersebut tidak dapat dikategorikan Green Jobs, sebut saja : pega

5 Trik Cara untuk Biayai Liburan di Tahun 2020

5 trik cara untuk biayai liburan di tahun 2020 bisa kamu simak disini. Tahun 2020 sudah 3 bulan terlewati nih. Kamu udah nabung belum untuk liburan kamu di tahun ini? Sudah tentukan destinasi wisata travelling impian kamu? Sudah tau berapa nominal yang harus kamu siapkan? Credit to: www.pixabay.com 5 Trik Cara untuk Biayai Liburan di Tahun 2020: Cek Rencana Pemasukan  Dalam setahun ini kira-kira ada pemasukan diluar gaji bulanankah? Misal Bonus, THR, Gaji ke-13, atau usaha sampingan. Coba kamu hitung, apakah cukup untuk membiayai liburan impian kamu. Cek Rencana Pengeluaran  Kalau pengeluaran non rutin, adakah? Coba dihitung dan kurangilah dari rencana pemasukan non rutin kamu. Contoh pengeluaran non rutin nih, karena kebanjiran kemarin jadi harus keluar biaya extra untuk membeli/memperbaiki barang-barang yang rusak, membeli barang impian kamu dan lainnya.  Cek Nominal Tabungan Kamu rela gak kuras tabungan demi untuk membiayai liburan kamu?  Jangan lupa tetap d

Ayo Lapor Pajak Kamu dengan Aplikasi Pajak Online

Ayo sudah bulan Februari sebentar lagi Maret, kamu sudah mempersiapkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan Pribadi kamu belum? Jangan lupa lho deadline pelaporan SPT secara mandiri tanggal 31 Maret setiap tahunnya. Sebagai warga negara yang baik kamu jangan sampai lupa ya untuk melaporkan SPT kamu setiap tahunnya. Bagi para pegawai yang bekerja di perusahaan, setiap penghasilan kita setiap bulannya sudah dipotong pajak penghasilan (Pph 21) dan disetorkan ke kantor pajak oleh perusahaan. Walaupun sudah disetorkan pajak penghasilan kita oleh perusahaan namun tetap menjadi kewajiban kita sebagai subjek pajak untuk melaporkan secara mandiri SPT kita. Laporan SPT itu mudah loh enggak ribet kok. Tapi wajib dilakukan ya jangan sampai nggak. Karena kalau kamu nggak melaporkan SPT kamu secara mandiri sebelum 31 Maret setiap tahunnya, kamu bisa didenda oleh kantor pajak. Saat ini pelaporan SPT itu sudah bisa dilakukan secara online lu jadi tinggal klik aja nggak perlu ngeprint fo