Langsung ke konten utama

5 Tips Atur Duit Saat Tanggal Tua

5 Tips Atur Duit Saat Tanggal Tua itu susah susah gampang.

Tanggal 20an seperti ini, udah masuk tanggal tua banget ya. Gajian bentar lagi, tapi duit hasil gaji bulan lalu udah mepet banget.

Sumber : www.pixabay.com

Klo tips dari mama angrumaoshi sih, 

mau tanggal tua atau tanggal muda, saat mau belanja itu yang harus dilakukan pertama adalah:

  1. Siapkan budget, 

  • mau belanja berapa rupiah nih? Mau belanja apa aja?

  1. Cek lemari penyimpanan, 

  • apa saja yang masih ada, apa saja yang sudah habis. Biasakanlah nyetok hanya 1 saja per item. Jadi misal: Minyak masih ada di botol, stok minyak yang belum kebuka cukup ada 1 di lemari penyimpanan.
  • Jangan kebanyakan walau sedang ada diskon juga, karena tempat penyimpanan kamu ya cuma segitu aja serta jangan lupa kalau nyetok banyak2 dilihat expired datenya ya. 

  1. Kalau sudah mengetahui apa-apa saja yang harus dibeli, mulailah browsing dari tiap-tiap supermarket, lihatlah yang diskon apa saja, bandingkan harganya antar supermarket. 

  • Belilah yang sedang diskon di supermarket tersebut. 
  • Jika ada kebutuhan yang diperlukan namun tidak mendesak dan sedang tidak diskon, ditunda saja ke minggu depan. 
  • Karena berdasarkan pengalaman, barang yang diskon itu, akan muter kok, minggu ini merk A, ninggu depan merak B. 
  • Dan biasanya merk yang sama juga akan diskon di berbagai supermarket. Tinggal bandingin saja ya.
  • Btw, jangan lupa juga kalo memang supermarketnya jauh dan antri juga, tetaplah pilih yang terdekat, hemat biaya bensin/parkir dan waktu juga.

  1. Tanggal tua makan diluar? 

  • Masih bisa gak ya? Kamu pinter-pinter aja lihat diskon di restoran favorit kamu, bisa browsing juga. 
  • Bahkan pesen online terkadang jauh lebih murah daripada kamu datang dan makan di restorannya, karena banyak promo, waktu kamu juga gak kebuang untuk antri, cari parkir dan biaya parkirnya juga. Tau sendiri kan cari parkir di mall itu apalagi saat weekend duh menguras emosi. 
  • Makan rasa resto tapi di rumah juga bisa romantis loh. Kamu tinggal set dan hias meja makan rumah kamu ala-ala di resto. Jadi deh candle light dinner di rumah yang gak kalah romantis.

  1. Kalau bisa nih ya, jangan sampai berhutang. 

  • Apalagi untuk kebutuhan konsumtif. Saat ini banyak sekali tawaran pinjaman baik online maupun offline yang sangat mudah cairnya. 

  • Namun apakah kamu mudah juga untuk melunasinya? 

  • Ingat ya jangan gali lubang tutup lubang. Hutang itu harus dibayar. Jangan sampai merepotkan orang-orang terdekat kamu. Hutang itu dibawa mati loh. 
  • Kalau memang lagi seret pendapatan kamu, tapi kamu ingin makan di mall, nonton bioskop, ngopi-ngopi cantik, tunda dulu keinginan kamu hingga pendapatan kamu gak seret. 
  • Boleh banget kok memanjakan diri asal gak pake hutang ya. 

Teman-teman ada tips lainkah? Boleh donk cerita di comment dibawah ini. Kalau tips ala kamu apa aja nih?


Komentar

  1. jika pengen sesuatu, tunggu 10 menit dulu..hehe kalau pengen beli sesuatu tunggu 3 hari dulu.. maih kepengen apa ndak, kalau masih beli, kalau ragu ndak usah.
    hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuuuu diendapkan dulu untuk menghindari spontanious buying.

      Hapus
  2. Assalamualaikum Kak. Pian dapat Liebster Award dariku

    https://mzaini30.com/welcome-to-liebster-award-0125.html

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  4. Setuju nih. Sebelum belanja saya memang melakukan perencanaan dulu dan menentukan jumlah anggaran supaya barang yang dibeli sesuai kebutuhan.

    BalasHapus
  5. Beli yg dibutuhkan bukan yang diinginkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul seratus. Semoga prakteknya pun semudah teorinya yah.

      Hapus
  6. Bener banget, jangan sampe deh ngutang untuk hal-hal yang tidak urgent banget. Apalagi hanya untuk memenuhi gaya hidup kekinian, duuhh... bisa jebol beneran kalau apa2 diturutin ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul jangan deh sampai berhutang kalau untuk konsumtif.

      Hapus
  7. Huwa makasih mba Cin, mengajarkanku akan kesederhanaan yang harus disyukuri dan jangan berlebihan untuk membeli seperlunya.

    BalasHapus
  8. Manajemen keuangan kukudu bgt diberlakukan di era apa2 serba digital gini ya, biar ngga bocor2 halus terus cuma gegara belanja atau jajan2 tanpa pertimbangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul bocor alus lama-lama kalau banyak ya jadi air bah juga mba. Hehehe.

      Hapus
  9. Rajin browsing cari promo dan diskon tu penting juga ya ternyata. Lumayan bisa ngirit pengeluaran. Makasih tipsnya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe betul mba, apalagi sekarang sudah banyak website khusus isinya promo diskon dari semua supermarket dan selalu diupdate. Atau kalau aku sih follow Linenya supermarket
      bank, cashless dkk tersebut. Lumayan jadi yang pertama untuk tau diskon2an, karena ada notif dari Linenya.

      Hapus
  10. Trims untik sharingnya mba.. pas banget nih buat aku yg kadangkala bingung di akhir bulan hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami3. Yuks irit tanggal tua menuju tanggal muda nih.

      Hapus
  11. Wah, tips yang bermanfaat. Saya juga per tahun ini sedang berusaha mengatur keuangan lebih baik. Kalau saya sedang menerapkan tips danshari itu, yang ala-ala minimalis tapi di keuangan.

    BalasHapus
  12. Pengeluaranku sering banyak bocor di bagian jajan. Soalnya kalau malas makan akhirnya jajan deh.. untung sekarang udah mulai ketemu cara jitu menghindari jajan. Hehe

    BalasHapus
  13. Bermanfaat banget nih tipsnya apalagi sekarang pas tanggal tua hihihi.. Kalo aku mending di rumah aja, jangan keluar2 banyak godaan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, namun dunia online pun walau di rumah juga bisa menjadi godaan yang patut dijagain, hehehe.

      Hapus
  14. Kalau aku nih mbak sering ngumpulin uang kembalian yg koin, jadi uang itu pasti bermanfaat di tanggal tua. Ya buat beli brambang masih bisa. Sama memanfaatkan pekarangan buat nanem sayuran jadi bisa hemat belanjaan gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide jitu nih. Koin jadi bermanfaat bangetvya di tanggal tua. Trus bisa makan sayur di akhir bulan tinggal petik aja ya. Nice idea.

      Hapus
  15. Berusaha menahan keinginan, beli yang dibutuhkan saja, penuhi hal pokok dulu deh tiap bulan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Butuh vs Ingin bener2 harus diketahui dan dipahami yah.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Green Jobs, Peluang Kerja Indonesia Kini

  Pertama kali mendengar  green jobs itu, jujur aku tidak paham sama sekali. Tukang kebunkah? Naturalist? Ahli Botani? Pekerjaan yang ramah lingkungankah? Hingga akhirnya aku mengetahui apa yang dimaksud tersebut. Dugaanku ternyata benar, bahwa Green Job secara mudah didefinisikan dengan pekerjaan yang ramah lingkungan. Namun jika mengutip definisi dari International Labour Organization (ILO), definisinya tidak hanya itu namun harus memenuhi 3 hal, yaitu : pekerjaan yang ramah lingkungan dari sisi prosesnya,  pekerjaan yang ramah lingkungan dari sisi produk dan jasa yang dihasilkan dan  pekerjaan yang dapat memberikan penghidupan yang layak.   Sepintas yang terlintas di pikiran tentang pekerjaan ini berarti pekerjaan yang berkaitan langsung dengan alam/lingkungan hidup seperti contohnya : ahli manajemen sampah, ahli energi terbarukan, ahli kehutanan, ahli pertanian dan lainnya. Selain dari pekerjaan-pekerjaan tersebut tidak dapat dikategorikan Green Jobs, sebut saja : pega

5 Trik Cara untuk Biayai Liburan di Tahun 2020

5 trik cara untuk biayai liburan di tahun 2020 bisa kamu simak disini. Tahun 2020 sudah 3 bulan terlewati nih. Kamu udah nabung belum untuk liburan kamu di tahun ini? Sudah tentukan destinasi wisata travelling impian kamu? Sudah tau berapa nominal yang harus kamu siapkan? Credit to: www.pixabay.com 5 Trik Cara untuk Biayai Liburan di Tahun 2020: Cek Rencana Pemasukan  Dalam setahun ini kira-kira ada pemasukan diluar gaji bulanankah? Misal Bonus, THR, Gaji ke-13, atau usaha sampingan. Coba kamu hitung, apakah cukup untuk membiayai liburan impian kamu. Cek Rencana Pengeluaran  Kalau pengeluaran non rutin, adakah? Coba dihitung dan kurangilah dari rencana pemasukan non rutin kamu. Contoh pengeluaran non rutin nih, karena kebanjiran kemarin jadi harus keluar biaya extra untuk membeli/memperbaiki barang-barang yang rusak, membeli barang impian kamu dan lainnya.  Cek Nominal Tabungan Kamu rela gak kuras tabungan demi untuk membiayai liburan kamu?  Jangan lupa tetap d

Ayo Lapor Pajak Kamu dengan Aplikasi Pajak Online

Ayo sudah bulan Februari sebentar lagi Maret, kamu sudah mempersiapkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan Pribadi kamu belum? Jangan lupa lho deadline pelaporan SPT secara mandiri tanggal 31 Maret setiap tahunnya. Sebagai warga negara yang baik kamu jangan sampai lupa ya untuk melaporkan SPT kamu setiap tahunnya. Bagi para pegawai yang bekerja di perusahaan, setiap penghasilan kita setiap bulannya sudah dipotong pajak penghasilan (Pph 21) dan disetorkan ke kantor pajak oleh perusahaan. Walaupun sudah disetorkan pajak penghasilan kita oleh perusahaan namun tetap menjadi kewajiban kita sebagai subjek pajak untuk melaporkan secara mandiri SPT kita. Laporan SPT itu mudah loh enggak ribet kok. Tapi wajib dilakukan ya jangan sampai nggak. Karena kalau kamu nggak melaporkan SPT kamu secara mandiri sebelum 31 Maret setiap tahunnya, kamu bisa didenda oleh kantor pajak. Saat ini pelaporan SPT itu sudah bisa dilakukan secara online lu jadi tinggal klik aja nggak perlu ngeprint fo